TIPS MERAWAT PINTU HARMONIKA AGAR TAHAN LAMA

TIPS MERAWAT PINTU HARMONIKA AGAR TAHAN LAMA

Pintu Harmonika atau Folding Gate adalah jenis pintu yang tersusun atas kerangka besi menyilang dan dikaitkan dengan plat besi yang disusun membentuk pola seperti lengkukan kipas. Sehingga pintu ini akan mudah dalam membuka maupun menutup. Dijaman sekarang ini sudah banyak ditemui produsen ataupun bengkel yang membuat dan merakit pintu harmonika yang satu ini, dalam segi kwalitas produsen pintu harmonika ini juga punya beberapa tipe, mulai dari tipe yang biasa sampai tipe berkualitas tinggi.

Pintu Harmonika
Pintu Harmonika

Supaya tidak terjebak dengan promo pintu harmonika murah yang berkualitas rendah, Anda perlu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih pintu harmonika berkualitas. Jadi meskipun harganya terjangkau, ada poin-poin penting yang harus Anda jaga supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Baca juga : Jasa Buat Pintu Harmonika di Jombang

Berikut beberapa cara merawat Pintu Harmonika yang tepat

  • Mengecat Ulang

Tidak bisa dipungkiri bahwa cat yang melekat pada besi lama-kelamaan akan luntur atau mengelupas. Ketika anda mulai melihat pintu tersebut sudah mulai mengelupas catnya, jangan dibiarkan begitu saja, segera lakukan pengecatan ulang, entah itu mau pakai jasa cat ulang atau bisa juga di cat sendiri asal mempunyai alat nya ,yaitu kompesor.

Jika anda malas untuk mengecatnya atau tidak mau mengorbankan uang anda, maka tidak usah menunggu lama lagi , dalam beberapa bulan lagi pasti pintu harmonika tersebut akan mengalami kerusakan.

Pintu Harmonika Minimalis
Pintu Harmonika Minimalis
  • Memperhatikan bagian jari – jari

Untuk ketinggian pintu lebih dari 2.30 meter. Sebaiknya jari – jari terdiri dari 3 bagian, yaitu paling atas, tengah dan bawah. Sehingga rangka lebih kuat. Banyak pintu yang bermasalah di bagian jari – jarinya, jari – jari yang hanya terdiri dari 2 bagian yaitu atas dan bawah saja. Jari – jari yang melengkung atau keluar dari rangka. Karena ketebalan plat besi yang kurang cukup menahan beban Pintu Harmonika sehingga pintu cepat rusak.

Apabila hal ini didiamkan terus – menerus, akan mengakibatkan kerusakan yang parah sehingga biaya service membengkak. Bahkan perlu mengganti pintu Harmonika dengan yang baru. Untuk Pintu Harmonika yang lebih kuat, pilihlah plat jari – jari yang lebih tebal, sehingga lebih awet dan tahan lama. Serta sesuaikan juga dengan lebar dan tinggi pintu Anda.

  • Memberikan Pelumas

Pelumas dalam hal ini adalah Oli, cukup oli bekas saja. Dalam tiga bulan sekali usahakan memberi oli pada pintu harmonika, terutama pada bagian klaker (roda) dan sambungan plat kipasan (bagian belakang pintu yang membuat pintu bisa dilebarkan).

Nah, setelah anda melakukan hal tersebut dengan rutin, pintu anda tidak akan cepat rusak dan sangat ringan ketika ditarik (kesamping) maupun di dorong.

  • Memperhatikan ketebalan Plat Besi UNP

Plat besi UNP adalah material yang menyusun kerangka silang pintu harmonika. Menyediakan beberapa ukuran ketebalan UNP yang menyesuaikan ukuran si pintu itu sendiri. Untuk kekekaran dan kekuatan pintu anda, sebaiknya semakin tebal daun yang anda pilih. Hal tersebut harus diimbangi dengan ketebalan UNP. Agar kekekaran Pintu Harmonika menjadi seimbang, aman dan lebih awet.

  • Memasang Kanopi

Tempat yang terbuka akan membuat air hujan mengenai pintu. Bahan dasar dari pintu adalah besi. Dan besi paling anti dengan yang namanya air hujan. Tidak perlu satu tahun, kalau besi dibiarkan terkena hujan, besi itu akan berkarat. Maka, kami sarankan anda membuat penghalang yang sekiranya dapat mencegah air hujan, seperti kanopi, payon, atap asbes dll.

Berikut sedikit cara mencegah terjadinya kerusakan pada Pintu Harmonika. Selain beberapa yang sudah kami jelaskan diatas, mungkin kalian mempunyai cara yang lebih ampuh untuk mecegah kerusakan Pintu Harmonika ? Bisa ditulis di kolom komentar dan dapat saling berbagai informasi.

Tinggalkan Balasan

Gratis Ongkos Kirim

Customer Support

Kualitas Terjamin

Pembayaran Fleksibel