PINTU RUMAH BESERTA FUNGSINYA

Pintu adalah sebuah bukaan pada dinding/bidang yang memudahkan sirkulasi antar ruang-ruang yang dilingkupi oleh dinding / bidang tersebut. Pintu biasanya ditemukan pada bangunan, misalnya rumah. Selain itu, pintu juga terdapat pada kendaraan, lemari dan lain-lain.

Kebanyakan pintu terbuat dari kayu dan selebihnya, dalam penggunaan yang terbatas terbuat dari aluminium, besi dan plastic PVC. Pintu kayu terdiri dari beberapa jenis. Yang paling umum adalah pintu yang terbuat dari kayu utuh. Selain itu juga terdapat pintu kayu jenis “flush”, yang di dalamnya terdapat ruang hampa.

Flush door dikenal pula dengan engineering door, teknologi ini muncul sebagai subtitusi pintu kayu solid mengingat semakin sulitnya kayu keras dari hutan alam dan semakin meningkatnya kebutuhan akan pintu seiring peningkatan kebutuhan terhadap perumahan.

Saat ini perumahan menengah ke bawah lebih banyak menggunakan jenis pintu engineering door, karena harga lebih murah tetapi model dan desain sangat variatif dan menarik. Mengenai kekuatan tergantung dari proses produksinya dan pemilihan bahan.

Pintu adalah salah satu elemen penting di rumah yang fungsinya membuka akses dari 1 ruangan ke ruangan yang lain serta, yang terpenting, menjaga privasi. Selain itu, pintu juga merepresentasikan karakter sebuah rumah. Ternyata setiap jenis pintu memiliki fungsinya masing-masing di setiap ruangan.

Contohnya, pintu kamar mandi dan kamar tidur tidak boleh memakai material yang sama karena fungsi keduanya yang berbeda.

Untuk itu, mengenali setiap macam pintu yang cocok untuk setiap ruangan bisa memaksimalkan fungsi seluruh ruangan.

Jenis Pintu Beserta Fungsinya

1. Pintu Kayu

Pintu Kayu
Pintu Kayu

Pintu kayu adalah jenis pintu yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang karena materialnya yang mudah didapat. Selain bisa dipakai di berbagai ruangan, pintu kayu dengan finishing yang cantik bisa memunculkan kesan estetis sebuah ruangan. Pintu kayu juga dibagi dalam 2 macam konsturksi, solid dan solid engineering. Pintu solid cocok digunakan untuk pintu utama atau eksterior, sedangkan solid engineering biasa dipakai sebagai pintu dalam atau interior.

 

2. Pintu Panel

Pintu Panel
Pintu Panel

Pintu panel adalah salah satu pintu yang sering dipakai di rumah dengan model jadul. Bersaing dengan pintu kayu, pintu ini juga dipakai oleh kebanyakan orang Indonesia. Pasalnya, harganya pintu ini memang cukup terjangkau. Selain itu, keunggulan pintu panel adalah desainnya yang cukup fleksibel. Kamu bisa membuat variasi dari segi bentuk, desain atau ukuran serta menambahkan kaca pada panel.

 

3. Pintu Fiberglass

Pintu Fiberglass
Pintu Fiberglass

Fiberglass yang merupakan anyaman material kaca ini memiliki material yang ringan, aman, dan kuat. Selain itu, pintu ini dilengkapi dengan tingkat insulasi tinggi yang membuatnya tangguh menghadapi cuaca ekstrim sekalipun. Kamu bisa padukan pintu ini dengan pintu panel untuk memperindah tampilannya. Pintu ini cocok dipakai sebagai pintu eksterior maupun interior.

 

4. Pintu Kaca

Pintu Kaca
Pintu Kaca

Selain biasa digunakan sebagai sentuhan sederhana untuk mempercantik tampilan pintu atau jendela, kaca juga cocok dipakai sebagai material pintu. Jika kamu khawatir terhadap privasi, kamu bisa menambahkan kaca sandblast yang sifatnya buram. Pintu kaca ini bisa digunakan sebagai pintu utama atau pintu menuju taman.

 

5. Pintu Baja

Selain itu, pintu ini juga mudah sekali untuk dipasang karena bahannya yang efisien untuk konstruksi. Terlebih, material pintu ini akan membebaskanmu dari kekhawatiran pintu dimakan rayap. Pintu ini cocok dipakai sebagai pintu utama rumah karena desainnya yang menonjol.

 

6. Pintu Aluminium

Selain pintu baja, pintu aluminium juga memiliki material yang tidak disukai oleh rayap. Bahannya yang tahan oleh kondisi iklim di Indonesia membuat pintu ini menjadi salah satu pilihan terbaik masyarakat Indonesia. Pintu ini biasa dipakai untuk pintu gudang atau kamar mandi karena karakternya yang terlalu sederhana kurang cocok dipakai sebagai pintu utama/eksterior.

 

7. Pintu PVC

Pintu PVC atau kepanjangan dari poly vinyl chloride terbuat dari bahan plastik yang sering ditemukan pada tanki air atau pipa. Pintu ini menjadi pilihan banyak orang karena sudah cukup terkenal di pasaran dan harganya yang terjangkau. Pintu ini biasanya dipakai sebagai pintu kamar mandi karena sifatnya yang tidak tahan cuaca ekstrim juga digunakan di luar. Selain itu, desainnya kurang stylish untuk dijadikan pintu utama.

 

8. Pintu Plipit

Pintu yang satu ini memang jarang sekali diaplikasikan di dalam rumah. Pasalnya, jenis pintu plipit biasanya digunakan untuk keperluan beternak. Namun, bukan berarti pintu ini tidak cocok digunakan di dalam hunianmu, lho. Dengan sentuhan para ahli, pintu ini bisa menghadirkan daya tarik yang tidak ditawarkan jenis pintu lain.

 

9. Pintu uPVC

Pintu uPVC atau Unplasticied Ply Vinyl Chloride memiliki bahan yang lebih kuat dari pintuh berbahan PVC. Hal ini disebabkan oleh proses unplasticied yang membuatnya lebih kuat namun kaku. Material yang satu ini juga sering kali ditemukan di badan pesawat terbang. Karena bahannya yang tahan terhadap air dan perbubahan cuaca, pintu ini sangat cocok digunakan untuk pintu depan rumah.

 

Tinggalkan Balasan

Gratis Ongkos Kirim

Customer Support

Kualitas Terjamin

Pembayaran Fleksibel