PENTINGNYA MENGETAHUI KANDANG KUCING YANG AMAN

PENTINGNYA MENGETAHUI KANDANG KUCING YANG AMAN

Mungkin sebagian besar dari Anda membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur. Banyaknya pilihan kandang kucing mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih.

Kandang Kucing
Kandang Kucing

Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat. Setiap kandang kucing tentu mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda, diantaranya adalah kandang yang dipakai untuk keseharian di dalam rumah dan terdapat pula kandang yang dipakai untuk beternak atau mengembang biakan kucing dalam jumlah yang besar.

Jenis – Jenis Kandang Kucing

  • Kandang Kucing Harian

Jika Anda memiliki peliharaan kucing di rumah, maka akan lebih baik jika diberi kandang. Karena tujuan utama dari kandang kucing adalah sebagai tempat tinggal kucing agar si kucing merasa nyaman, apalagi saat pemiliknya sedang tidak berada di rumah. Fungsi lainnya adalah untuk tempat yang aman dari gangguan predator lain serta untuk menjaga kesehatannya juga.

Jika Anda hanya mempunyai beberapa ekor kucing saja, maka Anda tidak perlu mempunyai kandang kucing yang besar dan luas. Ukuran standar kandang kucing untuk peliharaan di rumah adalah 150 cm x 80 cm. Dan di dalam kandang umumnya juga harus ada tempat tidur, tempat makan dan tempat minum kucing.

Baca juga : Berbagai Jenis Tangga Lipat yang Perlu Anda Ketahui

Kandang Kucing Sederhana
Kandang Kucing Sederhana
  • Kandang Kucing Ternak

Berbeda dengan kandang kucing untuk keseharian, kandang kucing untuk ternak harus mempunyai ukuran yang luas dan besar. Selain itu kandang kucing untuk ternak umumnya dibuat dengan sedemikian rupa yang menyesuaikan para peternak kucingnya. Lebih baik lagi jika para peternak kucing merencanakan jumlah maksimal dari kucing yang akan diternak.

Berdasarkan standar CFA, maka ukuran ruangan pada kandang yang digunakan untuk beternak kucing adalah 4×6 m2, dengan jumlah kucing maksimal sebanyak 12 ekor. Ruangan ideal pada peternakan sebaiknya memiliki luas sebesar 6×6=36 m2. Untuk tata ruang yang baik pada kandang adalah harus terpisah untuk setiap ruangan, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kontaminasi saat seekor kucing terserang bakteri atau virus yang berbahaya.

Ruangan untuk peternakan juga harus mempunyai ventilasi udara yang baik yaitu sekitar 20-25 derajat C. Selain itu, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kandang kucing yang baik dan tepat.

Baca juga : Jasa Bikin Lemari Pintu di Tegal

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips memilih kandang kucing selanjutnya yang dapat diperhatikan oleh para pemilik kucing adalah memilih kandang yang sesuai denga kebutuhan. Kandang kucing yang diperuntukan untuk ternak tentu akan berbeda dengan kandang kucing yang dibutuhkan dalam proses ternak atau perkawinan.

Kandang yang dapat digunakan untuk berbeda juga berbeda dengan kebutuhan kedua jenis kandang yang dijelaskan sebelumnya. Kandang kucing untuk proses peternakan tentunya lebih besar dibandingkan kandang lainnya. Kebutuhan kandang untuk melakukan cara merawat kucing agar manja mungkin akan sedikit berbeda.

  • Bahan yang aman
Kucing mempunyai kebiasaan menggigit apa pun. Jadi, kucing bisa saja menggigit kandang dan menelan cat yang terkelupas. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu keamanan material yang digunakan untuk membuat kandang tersebut. Selain itu, cek juga mudah tidaknya cat terkelupas pada kandang pilihan Anda.
  • Ukuram kandang harus sesuai

Ukuran kandang  yang dimiliki oleh setiap kucing tentu berbeda satu sama lain tergantung dari ukuran serta jenis kucing itu sendiri. Kucing dengan ukuran dan berat yang besar tentu membutuhkan kandang dengan luas yang lebih besar dibandingkan dengan kucing berukuran kecil. Ukuran kandang yang sesuai tentu dapat membuat kucing selalu merasakan kenyamanan ketika berada di dalamnya serta dapat menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan.

  • Gunakan kandang yang kuat agar dapat menahan beban kucing
Tergantung pada jenis kucingnya, bobot kucing dewasa biasanya berkisar antara 5-7 kg. Jika rak pada kandang tidak dapat menahan bobot kucing, rak tersebut bisa terlepas dan menyebabkan kucing terluka. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih kandang yang kuat dan kokoh serta mampu menahan beban ketika kucing melompat.
Berikut beberapa penjelasan mengenai pengertian kandang kucing, jenis – jenis kandang kucing, dan bagaimana cara memilih kandang kucing yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian penggemar kucing.

Tinggalkan Balasan

Gratis Ongkos Kirim

Customer Support

Kualitas Terjamin

Pembayaran Fleksibel