JASA PASANG TALANG AIR DI GUNUNG KIDUL Toko Reklame Indonesia

JASA PASANG TALANG AIR DI GUNUNG KIDUL

JASA PASANG TALANG AIR DI GUNUNG KIDUL

Talang adalah saluran buatan yang dibuat dari pasangan beton bertulang, kayu atau baja maupun beton ferrocement. Didalamnya air mengalir dengan permukaan bebas. Dibuat melintas lembah dengan panjang tertentu (umumnya dibawah 100 m ) , saluran pembuang,sungai, jalan atau rel kereta api,dan sebagainya. Saluran talang minimum ditopang oleh (dua ) pilar atau lebih dari konstruksi pasangan batu untuk tinggi kurang 3 meter ( beton bertulang pertimbangan biaya ) dan konstruksi pilar dengan beton bertulang untuk tinggi lebih 3 meter.

Talang air berfungsi mengumpulkan dan mengalirkan air hujan yang diterima genteng ke tempat tujuan yang kita sudah rencanakan sebelumnya, seperti saluran air hujan, sumur resapan, tangki penampungan air hujan dan sebagainya. Dengan fungsi tersebut, talang air dapat mencegah mengalirnya air hujan ke tempat yang tidak diinginkan. Air hujan yang mengalir ke tempat-tempat yang tidak diinginkan itu akan menimbulkan rembesan air hujan pada dinding, plafon, sambungan atap dan sebagainya.

Talang air hujan adalah elemen bangunan yang tidak bisa dianggap sepele karena Indonesia beriklim tropis dengan curah hujan tinggi. Tetapi seringkali talang terlupakan atau tidak mendapatkan perhatian saat merencanakan atau membangun rumah. Sehingga menyebabkan fasad rumah yang ‘terganggu’ oleh kehadiran talang atau bahkan kebocoran akibat talang yang tidak berfungsi dengan baik. Pada artikel ini kami mengajak anda untuk mengenal lebih baik talang air hujan, sehingga anda dapat menentukan sendiri jenis talang yang dibutuhkan rumah impian anda.
Jenis Bahan Dasar Talang Air
Talang sendiri terdapat beberapa jenis bahan dasar, antara lain :
  • Talang Beton Cor
Talang Beton Cor
Talang Beton Cor

Ini adalah jenis talang yang mulai banyak digunakan di rumah-rumah dan bangunan-bangunan. Talang jenis ini memerlukan perencanaan yang tepat bersamaan dengan perencanaan desain bentuk atap. Talang beton cor perlu waktu lebih lama dalam pembuatannya karena harus dicor dan dikeringkan sempurna sebelum bisa digunakan. Jika terjadi kesalahan dalam proses pembuatan akan menyebabkan retakan dan kebocoran. Biaya produksinya juga lebih mahal, tetapi lebih tahan lama usia pakainya. Bobotnya berat sehingga menambah beban pada struktur bangunan di bawahnnya. Jangan lupa untuk melakukan waterproofing untuk menambah kekuatan bahan dari rembesan air.

Baca juga : Berbagai Jenis dan Tipe Plafon

  • Talang Logam
Talang Logam
Talang Logam

Talang dari bahan dasar logam yang paling dikenal di Indonesia mungkin adalah talang seng atau zinc yang harganya murah, dijual dalam bentuk lembaran dan dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Kelemahan utama dari seng adalah umur dan daya tahannya terhadap cuaca, talang seng mudah terkena karat dan rusak dalam waktu relatif singkat. Pengganti talang seng adalah talang lembaran atau siap pakai dari bahan aluminium atau campuran zincalum yang sering disebut galvalum. Talang bahan logam lainnya seperti talang dari baja, timah atau tembaga tidak terlalu sering digunakan karena harganya yang cukup tinggi

Baca juga : Plafon Gypsum Gresik

  • Talang Air PVC

Talang air PVC adalah jenis yang paling populer untuk bangunan rumah. Talang air yang harganya sangat terjangkau ini memiliki bobot yang ringan sehingga mudah diangkat saat pemasangan. Ukurannya pun cukup beragam sehingga kamu bisa memilih yang paling tepat dengan keadaan atap rumah masing-masing.

Talang Air PVC
Talang Air PVC

Sayangnya talang air jenis ini masih menggunakan bahan plastik yang sangat rentan terhadap perubahan cuaca, terlebih lagi posisinya berada di luar ruangan. Paparan sinar matahari dan hujan yang ekstrim bisa membuat plastik mengalami retak atau patah. Dengan demikian usia pemakaiannya hanya bisa bertahan 2-3 tahun saja.

Bagi yang berminat menggunakan talang air PVC, sediakanlah budget tambahan selama beberapa tahun ke depan untuk melakukan penggantian talang tersebut.

  • Talang Karpet
Talang Karpet
Talang Karpet

Talang ini terbuat dari lembaran sejenis plastik. Bobotnya lebih ringan. Harganya jauh lebih murah. Jika sudah lama, maka akan timbul robekan-robekan yang akan menghancurkan talang karpet tersebut. Talang jenis ini sangat fleksibel tetapi tidak tahan terhadap pengaruh perbedaan cuaca. Perlu dilakukan pengecekan berkala supaya dapat segera diganti jika ada bagian yang sobek atau mulai lapuk.

Nah ini sedikit penjelasan mengenai Talang Air dan bahan dasar pembuatannya. Semoga bermanfaaat bagi kalian yang sedang mencari info tentang Talang Air.

Tinggalkan Balasan

Gratis Ongkos Kirim

Customer Support

Kualitas Terjamin

Pembayaran Fleksibel