JASA BUAT RANGKA ATAP BAJA RINGAN

JASA BUAT RANGKA ATAP BAJA RINGAN

Rangka Atap Baja Ringan
Rangka Atap Baja Ringan

Perusahaaan Toko Reklame Indonesia melayani dalam bidang Reklame dan Advertising. Kami melayani dari pembuatan dan pemasangan Rangka Atap Baja Ringan. Bahan dasar untuk pembuatannya dari bahan – bahan pilihan dan dikerjakan oleh orang – orang yang sudah ahli dibidangnya. Untuk harga jual Jasa Buat Rangka Atap Baja Ringan yang kami tawarkan dari perusahaan kami terbilang cukup terjangkau, jika anda bandingkan dengan perusahaan yang lainnya.

Atap baja ringan memang sedang banyak diperbincangkan karena keunggulannya. Tapi tahukah kamu kalau atap jenis ini juga punya kelemahan yang bisa membahayakan kita? Apa saja? Rumah berfungsi sebagai tempat kita berlindung dan beristirahat. Itu lah mengapa memilih bahan-bahan dalam membangun rumah tidaklah mudah.

Atap Baja Ringan
Atap Baja Ringan

Salah satu penemuan terbaru di bidang pembangunan rumah adalah atap baja ringan. Bahan ini disebut-sebut dapat mengalahkan keunggulan atap kayu dan atap baja konvensional karena walaupun ringan, atap baja ringan sangatlah kuat. Namun, dibalik kelebihannya, baja ringan juga memiliki kelemahan. Untuk itu anda yang ingin memesan atau membeli Rangka Atap Baja Ringan sebaiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Jika membandingkan antara kekurangan rangka atap baja ringan dan kelebihannya, maka akan diperoleh kesimpulan bahwa kelebihan rangka atap baja ringan jauh lebih banyak daripada kekurangannya. Kelebihan rangka atap baja ringan yang wajib Anda pertimbangkan antara lain sebagai berikut.

  • Mudah dibentuk dan disambung

Setiap orang pasti memiliki rumah impian tersendiri, tapi terkadang susah dikabulkan karena desainnya yang cukup rumit. Atap baja ringan bisa menjadi solusinya. Baja ringan dapat dengan mudah dipotong dan dibentuk mengikuti bentuk rangka atap yang kita inginkan. Setelah terpasang, atap baja ringan bisa disambungkan dengan jenis atap baja ringan lainnya menggunakan material penghubung baja.

  • Kokoh dan anti rayap

Material rangka atap baja ringan sangat kokoh dan anti rayap. Bandingkan saja dengan kayu yang dijual saat ini, rata-rata kayu sekarang ini kualitasnya kurang baik sehingga dalam kurun waktu 2 tahun saja sudah diserang rayap. Material baja ringan tidak membutuhkan perawatan dan kokoh seumur bangunan.

  • Tegangan tarik tinggi

Atap baja ringan lebih lentur dari jenis atap lainnya. Kelenturan rangka atap sangat penting karena semakin besar tegangan tarik atap, semakin banyak energi yang bisa diserap. Tidak seperti baja konvensional, tegangan tarik atap baja ringan terbilang tinggi. Tegangan tariknya berkisar sekitar 550 Mpa. Tegangan tarik ini lebih tinggi dibandingkan dengan atap baja konvensional yang hanya memiliki tegangan tarik sekitar 300 Mpa.

  • Kecepatan Pemasangan

Jika dibandingkan dengan pemasangan kayu sebagai penopang bagian atas rumah, pemasangan rangka baja ringan terbilang lebih cepat. Bergantung pada luas atap dan tingkat kerumitan, pemasangan rangka atap baja ringan berkisar antara 3 hari sampai 1 minggu saja. Kemudahan pemasangan ini dikarenakan baja ringan memiliki bobot yang ringan dan mudah disambung dengan menggunakan las, baut atau keling.

  • Bersifat liat atau tangguh

Sifat liat atau tangguh adalah sifat yang dimiliki material untuk menyerap energi dalam jumlah besar. Baja ringan mampu diberi beban kejut, beban geser dan kelenturan. Berbeda dengan kayu atau baja konvensional yang bersifat getas dan keras sehingga langsung hancur saat diberi beban kejut.

  • Dapat di Daur Ulang

Sisa atap baja ringan yang sudah terpakai bisa digunakan lagi untuk bagian lain konstruksi rumahmu karena sifatnya yang kuat dan tahan lama. Kamu juga bisa membongkar materialnya dengan cara dilelehkan dan dibentuk menjadi salah satu bahan bangunan atau bahkan fondasi rumah. Menggunakan atap baja ringan juga mendukung program pemerintah dalam menghemat penggunaan kayu di negeri kita. Dengan menghemat kayu, kita dapat menghentikan penebangan pohon dan membantu melestarikan hutan dan lingkungan di sekitar kita.

Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Meskipun banyak disukai, bukan berarti rangka atap baja ringan tak memiliki kekurangan. Seperti halnya jenis material lainnya, rangka atap baja ringan pun mempunyai beberapa kekurangan. Berikut ini kekurangan rangka atap baja ringan yang wajib Anda ketahui.

  • Mudah terbawa angin

Sayangnya, karena sifatnya yang ringan, jenis ini dapat dengan mudah terbawa angin jika tidak dipasang dengan benar. Bahkan, resiko atap terbawa terbang sangatlah tinggi di daerah-daerah yang berangin kencang atau saat sedang musim hujan. Sistem sambungan yang hanya menggunakan baut memudahkan angin besar untuk meniup lepas kerangka atap rumah.

  • Tidak tahan hujan dan panas secara masif

Rangka baja ringan sebenarnya bukanlah jenis material eksterior. Karena itu baja ringan sebagai pengganti kayu untuk menopang bagian atas rumah sesungguhnya tidak tahan terhadap hujan dan panas secara masif. Kondisi cuaca di Indonesia yang tinggi curah hujan dan panas matahari yang terik, cepat atau lambat akan menyebabkan munculnya korosi karena lapisan anti karat yang tergerus.

Sebagai langkah pencegahan terhadap korosi, sebaiknya hindari melakukan pemasangan baja ringan di musim hujan dan tempatkan baja ringan dalam ruang tertutup sehingga tidak secara langsung terkena hujan dan terpapar sinar matahari.

  • Tampilan acak – acakan

Struktur atap rumahmu harus bisa menampung beban atap yang berat. Semakin beratnya jenis penutup atap yang kamu pasang, maka kerangka atap pun harus semakin rapat. Semakin rapat, semakin baik. Ini merupakan nilai tambahan bagi kekuatan fondasi rumah, tapi jika dilihat dari sudut estetika, kerapatan kerangka baja ringan ini dapat merusak keindahan bangunan. Terutama pada rumah-rumah minimalis yang menggunakan sebagian atap transparan. Kerangka atap yang menggunakan baja ringan harus dilapisi menggunakan plafon untuk menutup kerangka yang terlihat berantakan.

  • Harga tidak murah

Ada kualitas, ada harga. Karena kualitasnya dan segala ke unggulannya, harga atap baja ringan tidak tergolong murah. Harganya dihitung per 6 cm dan dimulai dengan Rp30 ribu hingga Rp120 ribu, tergantung merk yang kamu cari. Harga ini belum termasuk kelengkapan lainnya seperti reng, kanal, sekrup, alumunium foil, hingga genteng metal untuk melengkapi atap rumah.

Berikut sedikit mengenai penjelasan beserta kelebihan dan kekurangan Rangka Atap Baja Ringan. Hal tersebut perlu annda ketahui agar dalam pemesanan atau pembelian tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan dalam pembelian.

Tinggalkan Balasan

Gratis Ongkos Kirim

Customer Support

Kualitas Terjamin

Pembayaran Fleksibel