CARA MERAWAT MINIATUR AGAR BERSIH & AWET

CARA MERAWAT MINIATUR AGAR BERSIH & AWET

Keindahan rumah memang harus selalu di jaga agar dapat membuat betah pemiliknya. Banyak cara yang dapat digunakan untuk memperindah suasana rumah anda. Salah satu cara yang dilakukan untuk memperindah suasana rumah anda yaitu dengan membeli beberapa miniatur yang unik – unik dan beraneka ragam.

Miniatur Vespa
Miniatur Vespa

Agar tidak terjadi kerusakan pada miniatur yang kita punya. Tentunya kita harus menjaga dan melindungi miniatur tersebut dengan baik dan benar. Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga miniatur anda. Langsung saja kita simak artikel berikut ini.

  • Simpan pada kotak display

Kebanyakan dari kita mungkin akan mengeluarkan miniatur – miniatur dari dalam kotaknya untuk memajangnya di dalam lemari, atau mungkin di taruh begitu saja di atas meja. Sebaiknya hindari melakukan hal tersebut, kalau kamu termasuk yang tidak mau repot membersihkan secara rutin.

Agar kamu bisa membersihkannya setiap bulan atau dua bulan sekali. Kamu bisa menyimpan miniatur kamu ke dalam kotak display berbahan akrilik. Dengan menyimpannya di dalam kotak ini, bisa menjaga miniatur kalian terkena debu yang biasanya menempel dan menjaga warna cat tetap awet.

Baca juga : Jenis Etalase Kaca yang Perlu Anda Ketahui

  • Bersihkan dari debu

Debu akan mengotori dan membuat warna kusam hiasan kalian. Oleh karena itu, sebaiknya rutin membersihkan debu yang menempel. Proses pembersihan ini juga dapat menggunakan kain berbahan fiber. Kain bahan ini memiliki daya serap yang lebih bagus daripada kain yang lainnya.

Baca juga : Jasa Bikin Etalase Kaca di Gresik

  • Hindari tumpahan air

Tumpahan air atau benda cair seperti alkohol, makanan atau kosmetik berbentuk cairan. Sebab jika miniatur terkena cairan sampai lebih dari 1 menit, akan masuk atau meresap ke dalam permukaan miniatur . Terutama untuk miniatur yang berbahan dasar kayu. Apabila sudah terlanjur mengenai permukaan miniatur akan sulit dibersihkan.

  • Segera keringkan setelah di cuci

Setelah dibersihkan menggunakan air sabun, jangan hanya dibiarkan dan ditunggu kering. Koleksi miniatur harus segera dikeringkan dengan menggunakan lap atau kain yang bertekstur lembut. Lakukan dengan telaten sehingga tidak ada air yang tertinggal pada bodi miniatur, karena dikhawatirkan akan timbul karat. Air keringat juga dapat mengakibatkan korosi pada miniatur anda.

  • Bersihkan dengan Lap Basah

Ini perlu dilakukan jika miniatur anda terkena noda yang lengket. Caranya bersihkan dengan lap basah lalu di gosok – gosokan menggunakan kain kering. Jangan biarkan air berada pada miniatur kayu yang terlalu lama, karena dapat merusak bagian kayu.

  • Mencuci dengan air hangat

Hal ini dilakukan pada miniatur yang terbuat dari bahan dasar keramik. Ingat ya, yang digunakan air hangat bukan air panas. Air hangat akan mudah pelepasan noda pada miniatur keramik. Namun jangan menggunakan air yang terlalu panas, karena cara tersebut justru akan mudah membuat warna pada keramik mudah memudar. Warna pada keramik bisa jadi ikut memudar dan luntur pada saat pembersihan. Jadi gunakan air hangat bukan air panas pada saat pencucian miniatur kemarik.

  • Dilapisi dengan Wax atau di Semir

Kayu yang divernish harus dilapisi dengan wax atau di semir setiap tahun untuk membuatnya tetap berkilau. Selain itu, juga menghindari permukaan kayu dari lembab dan debu. Jangan salah ya, cara ini dilakukan pada miniatur yang berbahan dasar kayu.

Nah ini berbagai cara membersihkan miniatur yang baik dan tepat. Semoga bermanfaat dan dapat anda jadikan referensi.

Tinggalkan Balasan

Gratis Ongkos Kirim

Customer Support

Kualitas Terjamin

Pembayaran Fleksibel