BERBAGAI JENIS DAN TIPE PLAFON

BERBAGAI JENIS DAN TIPE PLAFON

Plafon
Plafon

Jenis dan tipe plafon ada banyak sekali ragamnya setiap jenis dan tipe memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Dengan ada banyak jenis plafon mempermudah anda untuk menyesuaikan pilihan terbaik yang disesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan. Sama halnya dengan tipe plafon tersebut, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pembeli. Apalagi bagi kamu yang suka berekplorasi dalam rumah anda, tentu tidak ingin tampilan plafon rumah anda terlihat membosankan dan biasa saja. Plafon merupakan elemen dalam atau interior rumah, sehingga pelu diperhatikan agar terlihat bagus.

Pertama kami akan menjelaskan tentang beberapa Jenis Plafon, antara lain :

  • Jenis Plafon Triplek
Plafon Triplek
Plafon Triplek

Plafon triplek merupakan plafon yang diunggul – unggul kan sebelum adanya berbagai bahan dasar plafon lainnya. Hal tersebut berkat keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan. Untuk bahan dasar pembuatan Plafon Triplek ini dari kayu triplek, yang biasanya memiliki ketebalan dari 3mm hingga 6mm. Apalagi yang membuat masyarakat banyak menggunakan Plafon Triplek, karena harga yang murah dan bahan dasar pembuatannya mudah didapatkan.

Kelebihan Plafon Triplek :

  1. Pemasangan plafon yang mudah
  2. Harga terjangkau
  3. Dapat dijadikan tumpuan

Kekurangan Plafon Triplek :

  1. Sambungan triplek akan terlihat
  2. Harus rajin di cat
  3. Kurang tahan air
  • Jenis Plafon Metal
Plafon Metal
Plafon Metal

Lempengan metal tipis merupakan bahan dasar dari pembuatan Plafon Metal, yang diproses dengan cara di embos atau di cetak dengan berbagai motif. Setelah itu material yang telah dicetak dan diukir, lanjut ketahap finishing cat minyak serta berbagai ragam warna sesuai pilihan. Banyak masyarakat memilih Plafon Metal karena bahannya yang anti air dan anti rayap, sehingga Plafon Metal lebih kuat dan awet.

Kelebihan Plafon Metal :

  1. Tahan air dan anti rayap
  2. Memiliki tingkat kekuatan yang bagus dan awet
  3. Tersedia berbagai motif plafon

Kekurangan Plafon Metal :

  1. Harga cenderung mahal
  2. Pengerjaan yang sulit
  3. Pilihan harus disesuaikan dengan bentuk rumah anda
  • Jenis Plafon Gypsum
Plafon Gypsum
Plafon Gypsum

Selain berbagai Plafon diatas, ada juga jenis Plafon yang sering digunakan masyarakat yaitu Plafon Gypsum. Plafon ini sangat tepat digunakan untuk rumah anda yang modern dan semi modern. Plafon Gypsum banyak dipilih karena kemudahan dalam pengerjaanya dan kemudahan dalam mendapatkan. Selain itu, Plafon Gypsum sering diminati karena harga yang relatif murah dan material rangka yang bervariasi seperti kayu dan juga metal. Kelebihan dan kekurangan dari Plafon Gypsum ini beragam.

Kelebihan Plafon Gypsum :

  1. Hasil pengerjaan lebih rapi
  2. Desain dan model beragam
  3. Pengerjaan cepat
  4. Banyak pilihan material

Kekurangan Plafon Gypsum :

  1. Bahan kurang tahan lama
  2. Tidak tahan air

Berikut beberapa jenis – jenis Plafon yang dapat anda gunakan untuk hiasan interior rumah anda. Setelah itu, kami akan menjelaskan tentang tipe – tipe Plafon, antara lain.

  • Plafon Datar Konvensional
Plafon Datar Konvensional
Plafon Datar Konvensional

Tipe plafon paling sering digunakan untuk bangunan rumah. Plafon Datar Konvensional terdiri atas lembaran material plafon yang dipasang mendatar tepat dibawah rangka atap tersebut. Lembaran material Plafon ini dapat berupa papan kayu, dapat juga berupa anyaman bambu yang biasa terdapat pada rumah yang menonjolkan sisi tradisional pada rumah anda.

Lembaran tersebut umumnya terdapat pada ketinggian 2,5 meter hingga 3 meter dari lantai rumah. Namun untuk anda yang ingin menonjolkan kesan luas pada rumah anda. Dapat dipasang pada ketinggian lebih dari 3 meter di atas lantai. Dengan begitu akan ruangan dalam rumah anda akan terlihat luas.

Untuk pemasangan Plafon Datar Konvensional ini terbilang mudah diantara plafon yang lainnya. Plafon Datar Konvensional ini sudah dapat memenuhi fungsi – fungsi dasar Plafon. Namun untuk tipe plafon ini akan mudah menimbukan kesan bosan, karena bentuknya yang sederhana daripada tipe plafon lainnya.

  • Plafon Baki (Tray Ceiling)
Plafon Baki
Plafon Baki

Untuk Plafon Baki ini, pada bagian tengah dibuat terangkat atau seolah olah terlihat tersembunyi. Bagian Plafon yang terangkat ini dapat berbentuk segi empat atau segi banyak sesuai dengan konsep yang diusung pada rumah anda. Selain itu juga terdapat berbagai variasi cara untuk mempercantik tampilan plafon anda. Pertama anda dapat mengecat bagian dalam plafon dengan warna yang berbeda dari lainnya. Kedua anda dapat memasang lampu pada bagian dalam Plafon tersebut, sehingga lampu terlihat seolah – olah tersembunyi. Berbagai cara ini dilakukan agar lebih memberikan kesan menonjol pada bagian yang tersembunyi pada Plafon tersebut.

  • Plafon Datar Transparan
Plafon Transparan
Plafon Transparan

Tipe Plafon Datar Transparan ini biasanya digunakan pada suatu ruangan tertentu saja, pada saat ruangan sengaja di desain semi terbuka. Dengan adanya Plafon Datar Transparan ini memudahkan cahaaya matahari untuk masuk ke dalamm ruangan atau rumah anda. Selain cahaya matahari dapat masuk ketika siang hari, adanya Plafon Datar Transparan ini juga memberikan kesan stylish dan modern pada ruangan anda. Plafon tipe ini biasanya terbuat dari lembaran kaca yang cukup tebal dan memiliki daya tahan yang kuat. Lembaran Kaca Plafon tersebut dapat dibuat polos begitu saja atau dengan memberikannya morif, sehingga akan memberikan karakter tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Gratis Ongkos Kirim

Customer Support

Kualitas Terjamin

Pembayaran Fleksibel